Bayar Lima Ribu Mas.. (lagi!!!)

Hari ini dan mungkin sampai penutupan pendaftaran tes CPNS di Berau tanggal 25 November 2010 mendatang, para pendaftar termasuk saya šŸ˜‰ tentu akan sibuk sana-sini ngurus persyaratan yang diminta. Seperti kebiasaan tahun lalu saat mau daftar tes ini, selalu disibukan dengan tetek benget syarat pendaftaran yang sebenarnya hanya formalitas saja.

Hari ini coba buat surat keterangan kesehatan di Puskesmas Tanjung Redeb yang berada di Jl. Langsat ini. Di loket tanya tentang pembuatan surat keterangan kesehatan ini. Si tukang loket ibu-ibu berjilbab dengan cemberut bilang dokternya belum datang, tunggu aja. Ya sudah, saya tanya lagi, ini buka sampai jam berapa? Jam 11 katanya singkat. Wah kalau gitu mending saya tinggal aja, ntar balik lagi..

Sekitar jam 10 saya balik lagi, nanya dan diminta copy KTP dan disuruh bayar 21ribu (Bah… mahal amat). Di papan pengumumannya saya lihat memang biaya untuk surat keterangan kesehatan ini untuk pencari kerja dipatok 21ribu sesuai SK Bupati No.bla..bla.. tahun 2004. Bahh, baru mau melamar CPNS aja dah ngeluarin duit banyak.

Setelah dikasih formulir dari loket dan banyar biayanya, saya disuruh ke lantai 2 ke ruangan tata usaha yang membuat surat keterangan ini. Singkat cerita, surat diketik dan akhirnya jadi, minta tanda tangan dokter, trus difotocopy dan minta legalisir.

Setelah dilegalisir, eh diminta bayar lagi 5ribu. Loh bayar lagi mbak, tanya saya ke mbaknya yang tukang stempel dan tanda tangan legalisir. Iya katanya. Loh gak sekalian di loket, gak sekalian diminta 26ribu (21ribu diloket+5ribu tadi yg diminta). Jawabnya lagi, yang 21ribu untuk loket…

Cape deh… kalau yang 21ribu ada SK Bupatinya, tau yg 5ribu ini SK siapa?????

Wah..wah.. kalau 1000 orang saja yang melamar CPNS dan membuat surat keterangan kesehatan ini, trus dikalikan 26rb, jadinya 26 juta… Dikemanain ya ntu duit????

Dari sini saja dah banyak tuh duit dikumpulin, tapi gak jarang kan kita dengan pungutan2 liar, duit2 korupsi, korupsi sana sini yang dilakukan oleh yang katanya pelayan masyarakat ini?

Mudah-mudahan yang mau daftar ini dan apabila nantinya diterima menjadi CPNS bisa lebih bersih dan membawa angin segar untuk aparatur yang juga bersih, tanggung jawab dan amanah. Amin….

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *