Catfiz, Aplikasi Messenger Lokal Indonesia

Kalau saat ini kita biasa mendengar WhatsApp, BBM, Line, atau KakaoTalk, terselip satu aplikasi chat buatan lokal anak bangsa Indonesia.  Banyak sebenarnya aplikasi chat buatan lokal namun banyak yang tumbang karena kurangnya peminat.

Dari berbagai macam instant messaging yang beredar tersebut, lahirlah sebuah mesengger ciri khas Indonesia, aplikasi ini didesain khusus untuk satu platform yaitu Android dengan nama Catfiz. Nama Catfiz diambil dari kata Ikan Berkumis (lele), dalam bahasa inggrisnya ‘Catfish’.

Ikan lele adalah binatang yang mudah dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di wilayah Indonesia, kata inilah yang dijadikan filosofi oleh pengembang hingga terciptalah nama Catfiz. Harapan dari pihak pengembang aplikasi tersebut, dapat memudahkan komunikasi antar pengguna ponsel Android di Indonesia, baik itu secara kelompok maupun antar personal.

Pengguna Catfiz Messenger, biasa disebut dengan Catfizer dan untuk menyapa catfizer lain digunakan kata Fizz dan untuk menyelaraskan salam digunakan kata Happy Catfiz. Nah disinilah letak cita rasa khas messenger ini.

Catfiz, aplikasi buatan developer asal Surabaya, PT Dunia Catfish Kreatif Media ini telah meraup banyak minat pengguna dan tetap aktif hingga saat ini. Nama Catfiz sendiri dipilih karena beberapa alasan. Lafal ‘Catfiz’ memang identik dengan Catfish yang berarti ikan lele dalam bahasa Inggris, juga merupakan ikan favorit Arfan dan mengandung filosofi untuk aplikasi ini. Lele, ujar Arfan, adalah binatang yang gampang dikembangbiakkan serta mudah beradaptasi di semua tempat di Indonesia dan ia bersama tim berharap dapat mengembangkan aplikasi ini dengan mudah.

Saat ini Catfiz mengklaim memiliki lebih dari 6,5 juta pelanggan dengan 3,5 juta pengguna aktif, dengan proporsi 50:50 antara pengguna asal Indonesia dan pengguna di luar negeri. Kemungkinan alasan mengapa banyak orang yang tertarik menggunakannya karena di saat itu belum banyak pesaing dalam messenger seperti Line, KakaoTalk, WeChat dan BeeTalk, baru terdapat BBM dan Whatsap yang memang menarik minat penggunanya.

Setelah disempurnakan, Catfiz memiliki fitur Pesan, Comment, Status, Voice and Video Messages, Promote Friend, Gallery Media Sharing, File Sharing besar hingga 250MB, dan juga aneka tema serta stiker yang menarik. Memang tidak nampak perbedaan dari sosial media lainnya dibandingkan dengan Catfiz, yang perlu diperhatikan hanya terdapat File Sharing dengan kapasitas besar dan grup chatting yang mampu menampung hingga 2000-an orang. Nah ini cocok buat komunitas kita yang mungkin anggotanya cukup banyak.

Setelah mendownload dan melakukan registrasi, pengguna memiliki NIC (seperti PIN dalam BBM untuk menjadi teman) yang terdiri dari 10 digit unik, tanpa membutuhkan nomor telepon pengguna. Setelah itu dapat merubah status atau melihat status teman secara langsung.

Untuk mendapatkan teman memang tidak bisa langsung dilakukan pencarian di aplikasi ini, karena harus berdasarkan kedekatan kekerabatan agar si pemilik NIC hanya memiliki teman yang benar-benar dekat dengan kehidupannya.

Karena keunikan ini, telah ada lebih dari 70 komunitas dari seluruh Indonesia dengan total member lebih dari 2 juta yang selalu aktif mengadakan kegiatan di daerahnya dan setia menggunakan aplikasi ini.

Kawan-kawan yang tertarik dan mau mengunduh, silahkan melalui tautan ini >> https://play.google.com/store/apps/details?id=com.catfiz

Jangan lupa add saya ya mfajrinet dengan NIC: 45E94F6ACA

Happy Catfiz…!!! 😉

Komentar Anda

komentar