Dalam Kenangan: Selamat Jalan Odang Darmansyah

… si agai ulai basurung marantau ka banua urang mancari ilmu..
inda dan amma jau di mata.. kawal sarayak ditinggal jua..
di parantawan aku bajuang sunggu balajar siang dan malam..
b
a lumba-lumba dangngan diurang mangunjar ari di masa depan…

Begitulah sepenggal syair lagu yang biasa kudengarkan dulu waktu kuliah S1 di Samarinda. Maklumlah waktu ini alat komunikasi belum secanggih sekarang. Masih pakai tulis surat diantar pak pos, mau bicara langsung dengan keluarga pun harus menunggu di atas jam 11 malam telpon interlokal biar diskon bayarnya murah. Sampai saat ini pun lagu ini menjadi lagu kenangan yang selalu pas untuk didedengarkan..

Lagu yang diberi judul “Batahan siksa, bapaling suppan” ini merupakan salah satu dari sekian banyak lagu ciptaan Odang Darmansyah. Coba ketik “odang darmansyah” di bar mesin pencari semisal google, ada sekitar 3.510 hasil pencarian yang ditampilkan. Dan rata2 memuat lagu-lagu MP3 ciptaannya.

Ya, beliau ini identik dengan ciptaan lagu-lagu Berau. Sebut saja “Batu Babuar”, “Pagaddi Angka Lapan”,  “Dandam Carian”, “Sungai Kallai”, “Tanjung Raddab”, “Sanggam di Mata”, “Indangku Sayang”, yang kesemuanya khas dengan bahasa Berau atau bahasa Banua yang mungkin saat ini unik didengar telinga.

Namun sayang keceriaan dan keunikan bahasa di lagu-lagu ciptaannya ini tidak serta merta menjauhkan beliau dari maut yang kadang datang tanpa terduga. Pun demikian dengan penyakit yang acap menginggapi tubuh renta kita ini. Nah ini jugalah yang memisahkan kita selamanya dengan beliau.

Darmansyah ini sosok yang sehari-hari kita kenal dengan nama Odang, yang cukup senior dan bekerja di TNC Berau, yang sehari-harinya juga sibuk dengan aktifitas seninya, harus meninggalkan kita selama-lamanya. Penyakit yang dideritanya memaksa dirinya untuk meninggalkan saudara, istri, anak, handai taulan, kerabat, dan kita semua, meninggalkan kita jauh dengan kenang-kenangan lagu-lagu beraunya..

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.. Telah berpulang Odang Darmansyah tengah malam Jumat 30 Desember 2011 karena sakit.

Selamat jalan baliau, selamat menempuh perjalanan panjangmu. Kami iklas melepasmu basurung marantau. Jangan pernah suppan, karena kau tidak bapaling ka banua ini, tapi akan terus basurung menuju keridhaan Allah.

Semoga juga keluarga yang ditinggal, tabah dan mengiklaskan kepergiannya.

Selamat jalan baliau…

Komentar Anda

komentar

One thought on “Dalam Kenangan: Selamat Jalan Odang Darmansyah

  • January 7, 2012 at 6:26 pm
    Permalink

    Mohon Maaf, diralat sedikit bahwa lagu :
    Sungai Kallay dan Tanjung Raddab bukan merupakan lagu ciptaan (Alm) Odang Darmansyah. Tetapi, lagu cipaan bapak Kamaruddin, SE. Sedangkan lagu IndangKu Sayang adalan ciptaan dari Agus Juhriansyah SE.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *