Dilema Haram Si Ahli Hisab 9 Cm

Rokok diharamkan, Si Ahli Hisab pun meradang… hehehe Kayak tagline beritanya metro TV ya.. 😉

Ya begitulah belakangan isu rokok ini menjadi isu hangat di kalangan masyarakat kita. Sebagian setuju tapi tidak sedikit juga yang meradang karenanya. Petani rokok, pelaku industri rokok, dan tentu perokok itu sendiri juga yang merasa fatwa haram yang dicetuskan PP Muhammadiyah sangat merugikan..

Saya sendiri sangat setuju akan hal ini. Haram!!! haram!!! 😉

Berikut saya coba petikkan artikel dari detik.com yang isinya tentu mempertegas fatwa itu sendiri. Artikel ini saya ambil dari http://health.detik.com/read/2010/04/01/113600/1330137/763/rokok-mungkin-mengandung-darah-babi

Semoga bermanfaat..

Rokok tak hanya mengandung tar dan nikotin. Lebih dari 4000 zat kimia diduga ada di dalam rokok. Tapi seorang peneliti menemukan rokok juga kemungkinan mengandung darah babi. Benarkah?

Kandungan nikotin dalam rokok membuat rasa candu yang menyebabkan orang sulit berhenti untuk merokok. Tapi hasil penelitian yang menemukan bahwa rokok mengandung darah babi, mungkin bisa menjadi alasan orang berhenti merokok.

Profesor Kesehatan Masyarakat dari University of Sydney, Simon Chapman mengidentifikasi hasil penelitian ilmuwan Belanda terbaru. Dia mengidentifikasikan 185 industri rokok berbeda yang diduga menggunakan babi, termasuk penggunaan hemoglobin babi dalam filter rokok.

Penelitian Belanda menemukan terdapat hemoglobin atau protein darah babi yang digunakan untuk membuat filter rokok agar lebih efektif untuk menangkap bahan kimia berbahaya, sebelum bahan-bahan tersebut masuk paru-paru seorang perokok.

Prof Chapman mengatakan penelitian ini memberitahu dunia tentang rahasia pembuatan rokok, dan untuk meningkatkan kepedulian terhadap umat Muslim dan Yahudi yang taat, karena babi sangat diharamkan bagi kedua agama tersebut.

“Saya pikir akan ada beberapa kelompok khususnya umat agama yang taat, yang akan menemukan gagasan bahwa ada produk babi dalam rokok sangat menghina. Masyarakat Yahudi dan Muslim pasti akan menanggapi hal ini dengan sangat serius, dan juga para vegetarian,” kata Prof Chapman, seperti dilansir dari News.com, Kamis (1/4/2010).

Prof Chapman juga mengatakan sulit untuk menyoroti masalah ini, karena industri tembakau tidak perlu menjelaskan bahan apa saja yang terkandung dalam rokok. Menurut mereka, “Ini adalah bisnis dan rahasia dagang kami.”

Sementara ini ada beberapa perusahaan rokok yang telah berinisiatif menjelaskan daftar isi atau kandungan dalam produk pada situs mereka. Tetapi mereka juga memberikan catatan rahasia “Menggunakan pengolahan bantuan yang tidak signifikan dan tidak mempengaruhi fungsional produk jadi kami”.

Ini memberikan istilah tersembunyi dari pandangan umum, berbagai bahan kimia dan zat lain yang digunakan dalam pembuatan produk tembakau.

Satu merek rokok yang dijual di Yunani diketahui menggunakan hemoglobin babi dalam prosesnya dan status penjualan rokok tersebut tidak dikenal.

“Jika Anda seorang perokok dan umat Islam atau Yahudi, maka Anda mungkin ingin tahu dan tidak ada cara untuk mencari tahunya,” kata Prof Chapman.

Komentar Anda

komentar

6 thoughts on “Dilema Haram Si Ahli Hisab 9 Cm

  • April 20, 2010 at 6:04 pm
    Permalink

    fatwa ini memiliki batasan atau ruang lingkup. tidak semua perokok di haramkan…..tapi nama sudah kecanduan berbagai alasan akan dilakukan untuk merokok walaupun itu diharamkan….

    Reply
  • May 8, 2010 at 8:14 pm
    Permalink

    stuju bos..
    kurang logis apa lagi fatwa haram merokok !
    klo logika pabrik dan petani tembako dipake, maka rumah bordil pun jd halal klo begitu…

    Reply
  • May 16, 2010 at 8:00 pm
    Permalink

    rokok emang gak bagus utk kesehatan.. tapi gak bagus juga klo diharamkan.. 😀

    Reply
  • October 12, 2010 at 9:29 am
    Permalink

    gambaran, bahwa kebanyakan manusia tidak menggubris halal haram, tapi lebih memilih dunia. hingga demi kehormatannya sebagai ulama pro rokok, demi pekerjaannya sebagai petani, pedagang, demi hobinya sebagai perokok, racun dan sampah pun dibilang obat dan barang berharga.

    Reply
  • February 14, 2011 at 1:26 am
    Permalink

    What i do not understood is actually how you’re not actually much more well-liked than you might be right now. You are very intelligent. You realize therefore considerably relating to this subject, produced me personally consider it from so many varied angles. Its like women and men aren’t fascinated unless it is one thing to do with Lady gaga! Your own stuffs nice. Always maintain it up!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *