Flu Babi yang juga lagi Ngetren

Gak mau kalah ama caleg-calek yang beberapa waktu lalu berlomba-lomba untuk berkampanye, mempopulerkan diri agar dipilih dalam pemilu. Demikian pula dengan beberapa jenis flu belakangan ini.

Dimulai dengan wabah Flu Singapura, mau nyaingin Flu Hongkong kali 😉 Kemudian juga diikutin oleh  Flu Babi, nah kalau yang ini mau lebih ngetren dari Flu Burung yang kmaren..

Apa sih Flu Babi Ini??

Kalau diartikel sebelumnya kita membahas tentang Flu Singapura, sekarang kita coba selidik tentang si Flu Babi ini.

Penyakit flu babi (swine flu) adalah penyakit influenza yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat ditularkan melalui binatang, terutama babi, dan ada kemungkinan penularan antar manusia sampai saat ini sebaran kasus 8 kasus positif (konfirm) di Amerika Serikat. Sedangkan di Meksiko sebanyak 878 suspek kasus dan 60 diantaranya meninggal dunia. Dari yang meninggal sebanyak 20 kasus dinyatakan positif flu babi.

Secara umum penyakit ini mirip dengan influenza (Influenza Like Illness-ILI) dengan gejala klinis demam, batuk pilek, lesu, letih, nyeri tenggorokan, napas cepat atau sesak napas, mungkin disertai mual, muntah dan diare.

Virus H1N1 sebenarnya biasa ditemukan pada manusia dan hewan terutama babi tetapi keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan virus flu burung H5N1 meskipun sama-sama virus influenza tipe A.

Cara penularan flu babi melalui udara dan dapat juga melalui kontak langsung dengan penderita.

Masa inkubasinya 3 sampai 5 hari.

Cara pencegahan seperti halnya terhadap flu burung dengan menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan pakai sabun setelah beraktivitas, dan segera memeriksakan kesehatan apabila mengalami gejala flu.

WHO masih terus mengadakan pertemuan yang membahas masalah flu babi terkait dugaan penularan antar manusia dan sampai saat ini masih ditunggu perkembangannya. Sejauh ini WHO memperkirakan hal ini sebagai public health emergency of international concern atau masalah kesehatan yang memerlukan kewaspadaan internasional dan belum ada travel warning.

Menurut orang pinter-pinter di republik ini, mereka menetapkan enam langkah untuk kesiapsiagaan yaitu:

  1. mengumpulkan data dan kajian ilmiah tentang penyakit ini dari berbagai sumber,
  2. berkoordinasi dengan WHO untuk memantau perkembangan,
  3. membuat surat edaran kewaspadaan dini,
  4. melakukan rapat koordinasi dengan para kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kewaspadaan,
  5. berkoordinasi dengan Badan Litbangkes untuk kemungkinan pemeriksaan spesimen, dan
  6. berkoordinasi dengan Departemen Pertanian dan Departemen Luar Negeri untuk merumuskan langkah-langkah tindakan penanggulangan.

Kalua kita mungkin siap siaga dengan badan yang mesti selalu fit.. Jangan ujan-ujanan 😉 banyak makan vitamin dan yang terpenting adalah jangan main panik kalau stamina drop, komsumsi obat2an yang nanti malah bikin tambah sakit..

Komentar Anda

komentar

5 thoughts on “Flu Babi yang juga lagi Ngetren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *