Hati-hati dengan Facebook Phishing

Barusan blogwalking ke blog teman-teman blogger, dapat informasi yang mungkin penting buat kita-kita yang hobby facebook-an. Info ini saya dapat dari blognya Maseko tentang facebook phishing alias facebook palsu yang digunakan orang untuk membajak user dan password kita.

Berikut petikan isi artikelnya;

Untuk pengguna Facebook, jika mendapat email atau bahkan di Wall post  (atau didinding,  kiriman imel – mfajrinet) dan anda disuruh untuk membuka Facebook Anda untuk melihat sesuatu dengan URL seperti ini:

http://www.facebook.com.profile.php.id.371233.cn

harap jangan terkecoh. Meskipun sekilas nampak menuju ke halaman Facebook, tapi ini hanya phishing. Domain aslinya adalah yang paling belakang 371233.cn. Memang, jika diakses akan menampilkan halaman login seperti miliknya Facebook.

Jangan sampai memasukan email dan password Anda pada halaman ini. Jika Anda melihat URL tersebut pada Wall post yang dikirim oleh teman Anda, ada kemungkinan account Facebook teman Anda telah di-hack lebih dahulu, atau bisa jadi teman Anda yang melakukan phishing ini.

Kalau anda memasukkan id atau username dan password kamu, maka otomatis id dan pass kamu tersebut dibajak oleh yang punya web phishing tersebut dan mereka dapat menggunakannya untuk hal-hal yang tidak kita inginkan – mfajrinet

Komentar Anda

komentar

2 thoughts on “Hati-hati dengan Facebook Phishing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *