Lagi, Update Blog Via WP Blackberry

Teringat postingan saya beberapa waktu lalu tentang ngeblog via blackberry, hari ini ternyata sangat bermanfaat juga buat diriku ini 😉 Hal ini terkait rencana saya dan teman sekantor untuk coba jualan secara online. Ya… kami tertarik (walau agak terlambat) untuk berjualan secara online memanfaatkan Facebook yang saat ini lagi booming, dan semakin mudahnya koneksi internet yang menyebabkan kita bisa online di mana saja dan kapan saja. Ternyata juga hampir 65% lebih orang yg online adalah mereka yang online menggunakan ponsel.

nah berkaitan kedua-duanya ini, saya berinisiatif membuat blog jualan online yang mudah diakses dengan browser bawaan ponsel. Ketemulah theme untuk ponsel dan aplikasi wordpress untuk blackberry. Jadilah update dan seting-seting blog melalui layar mini blackberry kesayangan 😉

Biar tambah asyik, berikut saya beberkan 😉 langkah-langkah yang bisa dilakukan.. semoga bermanfaat ya…

Langkah pertama silahkan download dan install aplikasi wordpress for blackberry melalui blackberry app word yang ada di blackberry (BB) kamu atau bisa juga dengan membuka browser BB kamu dan buka link http://blackberry.wordpress.org/ dan istall via OTA.

tampilan wordpress blackberry

Setelah di install kemudian jalankan aplikasinya, biasanya aplikasi hasil download akan tersimpan di folder download blackberry atau sesuai setting anda. Versi yang saya gunakan adalah versi 1.4.5 dengan blackberry 9300 (kepler).

Klik logo wordpress dan kemudian Add Blog. Setelah itu akan tampak 3 pilihan, buat blog di wordpress.com, update existing blog di wordpress.com dan update blog self-hosted wordpress.org.

pilhan add blog

Berhubung blog jual beli online ini adalah self-hosted atau dihosting sendiri maka saya pilih yang ketiga, jika blog anda hosting di wordpress.com silahkan pilih nomor 2. Setelah klik pilihan yang ketiga, masukan nama situs/blog, username dan password kemudian klik login.

untuk pertama kali biasanya akan keluar error message bahwa kita diharuskan mengaktifkan XML-RPC terlebih dahulu pada blog kita. Silahkan buka situs anda melalui browser bisa lewat browser blackberry ataupun komputer, setelah login ke dashboard lalu klik setting ->writing atau bisa juga langsung membuka http://situsanda/wp-admin/xml-rpc.php dari address bar. Pada bagian remote publishing beri tanda centang tulisan Atom Publishing Protocol dan XML-RPC lalu klik Save Setting.

seting XML-RPC untuk wordpress

Selanjutnya kembali ke blackberry anda kemudian klik login, tunggu beberapa saat hingga proses “connecting in progress” selesai, jika tidak ada kesalahan harusnya muncul blog anda kemudian select blog trus klik add selected blog, tunggu lagi beberapa saat hingga proses download selesai.

Setelah itu klik blog wordpress anda kemudian akan tampil Post, Page, Comments dll. Sampai disini anda sudah berhasil melakukan instalasi blog pada aplikasi wordpress for blackberry.

tampilan halaman dasboard wp

Bagaimana? Tampilannya gak beda-beda jauh kan dengan tampilan di desktop? Canggih kan 😉 Nah mulai sekarang, Anda pun bisa mengupdate blog anda di mana dan kapanpun juga. Oke, selamat ngeblog ria…

Dan…. jangan lupa ya nanti mampir pas Blog Pasar Jual Beli Online Urang Berau kami lounching…

——-
Trims atas inspirasi: http://www.nadasumbang.com/update-blog-wordpress-melalui-blackberry/ dan http://www.kujie2.com/blog-tutorial/cara-update-blog-dengan-wordpress-for-blackberry.html

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *