Membuat Partisi di Windows 7

Hari ini (20/Jan/2012) ditanyain teman untuk membagi harddisk/mempartisi harddisk laptop VAIO barunya. Nah dengan pedenya, saya copykan aplikasi partition magic yang biasa saya pake untuk mempartisi laptop yang sering hanya tersedia partisi C saja. Komputer atau laptop yang baru dibeli emang biasanya cuma punya 1 partisi, yaitu drive C. Nah kebutuhan untuk menambah partisi jadi mutlak. Partisi baru ini sangat lumrah digunakan untuk menyimpan data. Tujuannya, ketika sistem operasi mengalami masalah, data kamu tetap tersimpan meski kamu melakukan instal ulang.

Eh pas diinstall gak support windows 7, coba tanya mbah google emang gak ada yang support. Ketik lagi membuat partisi di windows 7, eh malah yang keluar cara-cara mempartisi tanpa aplikasi. Ternyata emang di windows 7 telah disediakan cara partisi yang gampang tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Langsung dah ikuti langkah-langkah yang ada di blog ini, dan ini saya copaskan langkah-langkahnya…

1. Buka Windows Explorer.
2. Kemudian klik kanan pada “Computer”, klik “Manage”.

3. Muncul jendela Computer Management pilih “Storage” lalu klik “Disk Management”.

4.   Untuk menambah partisi, kamu harus memperkecil ukuran partisi Drive C dulu, baru kemudian bikin partisi baru. Klik kanan pada Drive C: kemudian klik “Shrink Volume”.

5. Selanjutnya Disk Management akan melakukan kueri terhadap drive C. Tahap ini biasanya akan memakan waktu yang durasinya tergantung kapasitas drive C.

6. Kemudian muncul jendela Shrink C. Kamu bisa memasukan besarnya partisi yang akan dibuat. Pada artikel ini, besar partisi yang dimasukkan adalah 10000. Masukkan pada bagian “Enter the amount of space to shrink in MB”. Usahakan ukuran partisi yang bakal dibuat tidak melebihi kapasitas yang tertera pada “Size of available shrink space in MB”.

7. Setelah itu, hard disk akan terbelah jadi 2. Muncul pula keterangan “Unallocated”.

8. Langkah selanjutnya adalah memformat partisi baru itu. Klik kanan pada partisi (unallocated) kemudian pilih “New Simple Volume”.

9. Muncuk jendela Welcome… klik “Next”.

10. Muncul jendela Specify Volume Size. Di sini kamu bisa menentukan jumlah besarnya hard disk akan akan diformat. Langsung saja klik “Next”.

11. Muncul jendela Assign Driver Letter or Path. Di jendela ini kamu menentukan huruf drive untuk partisi. Biarkan saja apa adanya. Klik “Next”.

12. Selanjutnya muncul jendela Format Partition. Tentukan sistem file untuk partisi—NTFS atau FAT. Pilih NTFS saja—hari gini masih pakai FAT? Jangan lupa, kasih label juga. Klik “Next”.

13. Muncul halaman yang menampilkan pengaturan yang sudah kita buat. Periksa dulu sebelum klik “Finish”. Kalau ada yang salah, klik “Back”.

14. Setelah proses pembuatan dan format partisi selesai, periksa Disk Management. Kamu juga bisa memeriksa di Windows Explorer. Pastikan ada drive baru.

Gampang kan 😉 Sekarang Anda sudah punya partisi baru yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan data atau aplikasi multimedia.. Selamat mencoba ya…

Thx to: Dedy dan tabloid pc plus

Komentar Anda

komentar

One thought on “Membuat Partisi di Windows 7

  • October 4, 2013 at 9:17 pm
    Permalink

    wah perlu ni buat yang baru aja beli hardssik atau laptop baru hehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *