Miliki Penyimpanan Data Online di Awan Secara Percuma

Apa kabar ?! Lama nih nda nulis di blog ini..

Kali ini saya ingin berbagi tips tentang layanan atau penyedia penyimpanan data secara online atau yang sering disebut orang sebagai Layanan Penyimpan Data di Awan alias Cloud Storage. Semakin populernya internet di kalangan masyarakat turut berandil dalam munculnya berbagai layanan ini. Sharing file, photo, gambar yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat fisik pun kini juga bisa dilakukan di internet. Bahkan caranya lebih fleksibel karena tidak terpaku pada perangkat tertentu saja. Apalagi saat ini jamannya smartphone dimana orang suka photo2 selfie 😉

Untuk menyimpan atau bahkan memback-up photo hasil jepretan ini ada yang namanya flickr atau photobucket. Photo2 hasil jepretan ini dapat langsung disimpan atau diback-up ke salah satu penyedia layanan tersebut. Jadi kita tidak perlu khawatir memory card kita penuh atau kehilangan data.

Nah, kali ini saya tidak membahas media penyimpanan photo tersebut, namun saya ingin lebih banyak membahas layanan penyimpanan secara umum. Layanan ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan photo, namun bisa digunakan untuk menyimpan segala jenis file, baik photo, dokumen, maupun video.

Ada banyak layanan yang tersedia juga untuk ini, bahkan gratis. Ada dropbox, google Drive serta Sky Drive milik Microsoft serta beberapa penyedia lainnya yang cukup banyak bertebaran di internet.

Namun ada tips yang perlu kawan2 perhatikan untuk memilih penyedia layanan ini yang saya kutip dari http://cloudindonesia.com/tips-memilih-layanan-cloud-storage/ meliputi;

  • Kapasitas Untuk Versi Gratis
    Tidak bisa dipungkiri, layanan versi gratis masih menjadi idola untuk pengguna internet di Indonesia. Termasuk untuk layanan cloud storage. Kabar baiknya, space yang diberikan untuk versi gratis cukup besar untuk menampung dokumen. Berikut ini perbandingan kapasitas untuk versi gratis dari Dropbox, Google Drive serta Sky Drive.
  • Paket Lanjutan
    Seperti yang sudah disebutkan, untuk Anda yang menghendaki kapasitas lebih, Anda harus rela mengeluarkan budget tambahan. Masing-masing layanan menawarkan paket harga yang bervariasi.
  • Kelengkapan Aplikasi
    Aplikasi disini maksudnya adalah ketersediaan aplikasi client untuk berbagai platform komputer seperti laptop, tablet dan smartphone. Ini berkaitan dengan fleksibiltas akses file.
  • Fitur Sync
    Fitur sync biasanya hanya tersedia untuk aplikasi client di perangkat laptop/desktop. Anda dapat memilih salah satu folder yang ingin Anda sinkronkan ke layanan cloud storage. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses file yang ada di layanan cloud storage tanpa harus masuk ke halaman cloud storage yang bersangkutan.

Nah kalau saya, poin 3 dan 4 di atas dimana kelengkapan aplikasi dan ada fitur sync-nya yang menjadi pilihan utama kenapa saya memilih layanan tersebut.

Berikut akan saya ulas tentang penyedia layanan yang saat ini juga saya gunakan untuk menyimpan dokumen maunpun data tidak hanya data pribadi tapi juga data pekerjaan yang tentu memudahkan saya bisa mengakses dimana pun selagi ada koneksi internet maupun kalau seandainya salah satu komputer yang digunakan bermasalah.

Yuk, tengok satu persatu layanan yang saya gunakan ini.

1. Copy

Layanan penyedia penyimpanan data awan ini menawarkan kapasitas peyimpanan gratis sebesar 15Gb. Cukup besar untuk menyimpan ratusan file ya. Kawan2 bisa mengaksesnya melalui web broser atau melalui aplikasi di smartphone kawan2. Bagusnya layanan ini menyediakan aplikasi sync yang otomatis menyinkronkan perubahan file yang kita lakukan di server mereka. Dan dapat digunakan layaknya folder2 biasa di komputer kita. Kita tinggal menyimpan di folder komputer kita, kalau terhubung ke internet, maka aplikasi copy ini secara otomatis melakukan singkronisasi ke server. Silahkan daftar dan unduk aplikasinya di komputer kawan2 atau juga di Hp. (Layanan dihentikan per 1 Mei 2016)

Daftar Copy Cloud di sini.

2. Google Drive

Layanan penyimpanan awan besutan google ini menawarkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 10Gb. Layanan ini juga bisa diakses melalui aplikasi di komputer dan Hp kawan2. Anda bisa menyimpan file ataupun dokumen apa saja di sini tanpa takut kehilangan data.

Daftar Google Drive di sini.

3. Yandex

Layanan ini disediakan oleh mesin pencari terbesar di Rusia. Yandex menyediakan layanan dengan kapasitas 10Gb. Sama dengan aplikasi 2 di atas di yandex juga menyediakan aplikasi di komputer untuk dapat menggunakan layaknya windows explorer di komputer kawan2.

Daftar Yandex di sini.

4. Dropbox

layanan ini sangat populer di internet. Dropbox menyediakan layanan penyimpanan gratis sebesar 5Gb. Walau hanya menyediakan 5Gb namun akses ke dropbox juga sangat nyaman dan cepat. tersedia juga aplikasi untuk komputer dan Hp.

Daftar Dropbox di sini.

Nah, kalau 5Gb dirasa tidak cukup, 10Gb, 15Gb, bahkan gabungan keempat layanan di atas masih juga kurang kapasitasnya, kawan2 yang boros data 😉 dapat memanfaatkan layanan ini;

5. Surdoc

Surdoc menyediakan layanan penyimpanan awan gratis sebesar 100Gb. Nah tuh, seratus giga gai, leboih dari cukup untuk hanya sekedar menyimpan dan membackup file dan dokumen kawan2.  Walau Gratis bukan berarti SurDoc mengesampingkan hal penting lainya. SurDoc peduli tentang keamanan dan privasi. Inilah sebabnya mengapa layanan SurDoc sangat aman. SurDoc satu-satunya layanan penyimpanan cloud yang memastikan bahwa hanya anda yang dapat mengakses file anda.

Daftar SurDoc di sini.

Masih kurang juga ??? Masih bisa nambah lagi kok.. Bisa, bahkan sampai 1Tb, satu tera loh, dan gratis, tis, tis… Caranya ??? Cari sendiri dong 😉

Semoga bermanfaat ya kawan2, lain waktu kita akan bahas media penyimpanan sejenis tapi seperti yang saya singgung di awal kita nanti akan bahas penyedia layanan penyimpanan khusus file Photo. Ini cocok buat kawan2 yang suka selfie 😉

Komentar Anda

komentar