Premium Service Jebakan di Ponsel Anda

Mungkin beberapa waktu lalu sempat booming program SMS premium 4 digit.  Kita diiming-imingi hadiah hanya dengan mengirim SMS REG ke nomor 6868 (contoh saja). Nah setelah kita REG ini pulsa kita akan otomatis disedot tiap hari 2ribu sampai 4ribu tiap hari.

Penipuan yang berkedok short message service (SMS) dan iklan promosi operator melalui SMS semakin marak. Pulsa konsumen pun makin sering disedot SMS premium. SEBAGIAN besar pengguna ponsel mengeluhkan kesulitan untuk berhenti berlangganan SMS premium. Bahkan, beberapa promosi dinilai mengandung unsur penipuan seperti FI sensation, kuis tengah malam, dan konten sensual model Taiwan.

Data Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tahun lalu menunjukkan, banyak keluhan dari masyarakat mengenai iklan di media elektronik. Sebesar 30 persen di antaranya mengeluhkan promosi operator telekomunikasi dan perusahaan penyedia konten {contentprovider).

Tak tanggung-tanggung, pulsa yang tersedot pun cukup banyak. Misalnya, jika anda mengikuti layanan ramalan dan keberuntungan, anda akan dikenakan tarif Rp 2.000 setiap SMS yang ditrima. Dalam sehari, konsumen bisa menerima dua sampai tiga SMS yang bisa menyedot pulsa anda.

Nah karena belakangan pula pengguna ponsel ogah untuk mengirim REG ini, inipun disiasati dengan kode *123*1# (contoh) seperti kita mengecek pulsa biasanya. Tapi lagi-lagi jangan coba-coba mengetikkan kode itu, itu sama saja dengan SMS REG. Nomor kita otomatis teregistrasi dan otomatis akan menyedot pulsa kita tiap hari. Ini tidak bedanya dengan SMS REG sebelumnya, dan ini benar-benar jebakan, karena kita tidak diberi pilihan saat mengetikkan kode tersebut. Tidak ada pilihan ya atau tidak, atau pilihan setuju dan lanjutkan atau tidak setuju, dsb. Anda otomatis langsung teregestrasi dengan layanan tersebut. Apabila ini terjadi, kita tidak dapat informasi bagaimana ini untuk berhenti atau UNREG.

Jadi daripada pulsa anda berkurang terus tiap hari 4ribu (2 kali 2ribu) tanpa melakukan apapun, sebaiknya anda berhati-hati untuk tidak sembarang mencoba kode jebakan tersebut baik yang disertakan saat anda cek pulsa atau habis isi pulsa atau bahkan promosi yang ada di TV yang kembali tambah marak belakangan ini…

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *