Rekening Tabungan Anda Dibobol?! Ada Tipsnya..

Semingguan ini kita dijejali dengan berita pembobolan ATM di seputaran Bali. Puluhan nasabah BanK BCA (yang beberapa hari lalu jg sudah buka cabang di Kabupaten Berau) mengadu bahwa tabungan mereka berkurang drastis sampai puluhan juta sementara mereka tidak mengambilnya.

Dari print-out yang ditampilan, semuanya dilakukan pengambilan via ATM. Mulai 1juta sampai 2.5juta per transaksi. Ya karena limit per transaksi 2.5juta.

Dari penelusuran beberapa ahli, ditengarai kejahatan ini dilakukan dengan penggandaan kartu ATM korban dan mencuri PIN mereka. Penggandaan ATM ini dilakukan dengan mengkopi ATM korban dengan alat yang namanya Skimmer yang dipasang dimoncong tempat biasanya kartu ATM dimasukkan. Sementara untuk PIN, mereka mendapatkannya melalui rekaman spycam yang dipasang dekat tuts angka mesin ATM.

Jenis kejahatan ini adalah kejahatan biasa, terlalu dibesar-besarkanlah kalau ini disebut CyberCrime atau kejahatan tingkat tinggi. Sebenarnya ini dilakukan manual dan prosesnya juga cukup panjang.

Pernah dapat SMS undian berhadiah?? Kemudian Anda dituntun ke ATM untuk melakukan transaksi. Korban dengan bodohnya mengikuti apa saja yang diperintahkan pelaku, memasukkan kode angka katanya, padahal adalah jumlah uang yang mau ditransfer ke rekening pelaku.

Masih ingat 5 tahun lalu, saat mengurus SKKB (SKCK saat ini). Di kantor polisi ada aduan bahwa seorang pak haji baru saja kehilangan duitnya sekitar 40juta setelah ia mengikuti tuntunan pelaku untuk mendapatkan undian berhadiah tersebut… Ternyata banyak duit jg bisa bikin PALI ya… 😉

Intinya sebenarnya adalah keteledoran kita, pin yang dibuat mudah, suka tergesa-gesa, gak mikir panjang, dsb..

Gak perlu khawatirlah kalau kejadian serupa menghampiri anda. Pihak bank menjamin tabungan anda. Pasti akan diganti…

Gak perlu juga panik kalau mau bertransaksi di ATM takut dibobol. Berapa sih yang dibobol??? 1juta, 100juta?? Aman, ntar diganti.. Toh, Bank CENTURY dibobol 6.7trilyun aja masih adem ayem sampai sekarang……

Komentar Anda

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *