Safety Browsing – Browsing Dengan Aman

Pa kabar nih rekan-rekan blogger? Baek ya.. Masih asyik sama blognyakan? Pasti tambah rame aja ya?..

Gini bro, beberapa hari ini saya lagi asyik browsing dengan browser baru besutan Google yaitu browser google chrome. Walau sebelumnya (sampai saat ini juga) masih demen banget ama Mozilla Firefox, tapi dengan tampilan google chrome yang bersahaja ini saya jadi mulai tertarik untuk menggunakannya. Saya coba buka situs-situs favorit saya, semua tampilan ok gak ada masalah.

Nah yang membuat saya tergelitik untuk menulis artikel ini adalah saat saya coba membuka blog favorit saya zawa.blogsome.com punyanya Mas Zawa yang berisi animasi flash buatan sendiri. Eh tiba tiba keluar peringatan “Warning: Visiting this site may harm your computer!”

Wiuh, kaget juga jadinya. Blog yang selama ini selalu saya kunjungi eh ternyata berbahaya. Kenapa ya? Padahal kan pake blogsome.com yang dah terkenal sebagai portal blog sejajar dengan wordpress.com ataupun blogspot.com. Saya coba buka halaman Safe Browsing diagnostic pada halaman warning tersebut. ternyata bukan blog ini yang secara langsung disebut sebagai web berbahaya seperti layaknya situs-situs crack atau yang sejenis tapi ada banyak file dan link yang disimpan dan berhubungan dengan txdnl.com yang notabene termasuk dalam situs-situs yang ditengarai berisi program-program berbahaya (Site is listed as suspicious)

Berikut secara lengkap keterangan dalam diagnosa yang ditampilkan. Sorry i can speak english little little 😉

What is the current listing status for txdnl.com/?
Site is listed as suspicious – visiting this web site may harm your computer.
Part of this site was listed for suspicious activity 2 time(s) over the past 90 days.

Status apa yang sebenarnya ada pada situs txdnl.com?
Situs ini termasuk dalam daftar situs yang mencurigakan – mengunjungi situs ini dapat menyebabkan kerusakan pada komputer kamu.
Beberapa bagian dari situs ini terdaftar telah melakukan kegiatan mencurigakan dua kali dalam 90 hari ini.

What happened when Google visited this site?
Of the 64 pages we tested on the site over the past 90 days, 1 page(s) resulted in malicious software being downloaded and installed without user consent. The last time Google visited this site was on 09/10/2008, and the last time suspicious content was found on this site was on 08/12/2008.
Malicious software includes 218 trojan(s), 10 backdoor(s), 5 scripting exploit(s). Successful infection resulted in an average of 0 new processes on the target machine.
Malicious software is hosted on 1 domain(s), including lineacount.info.

Apa yang terjadi saat Google mengunjungi situs ini?
Dari 64 halaman yang kami tes di situs ini dalam 90 hari, terdapat satu halaman yang mengandung aplikasi jahat yang akan secara otomatis terdownload dan terinstal tanpa sepengetahuan kita. Terakhir Google mengunjungi situs ini tanggal 10/09/2008 dan terakhir kali juga konten mencurigakan ditemukan di situs ini tanggal 12/08/2008 yang lalu.
Aplikasi jahat ini menyertakan 218 trojan, 10 aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita, 5 script exploitasi. (Wuuiihh… Banyak amirr..) Belum ada hasil terbaru dari infeksi yang dilakukan ini pada komputer target.
Aplikasi jahat ini di dihostingkan di satu domain, termasuk lineacount.info

Has this site acted as an intermediary resulting in further distribution of malware?
Over the past 90 days, txdnl.com/ appeared to function as an intermediary for the infection of 16 site(s) including dlfilm.co.cc, freewebtown.com/ycakelux, freewebtown.com/lost4thoughts.

Apakah situs ini merupakan situs perantara distribusi aplikasi jahat ke depannya?
Sampai dengan 90 hari ini, txdnl.com terkesan sebagai perantara untuk menginfeksi 16 situs lainnya termasuk dlfilm.co.cc, freewebtown.com/ycakelux, freewebtown.com/lost4thoughts.

Has this site hosted malware?
Yes, this site has hosted malicious software over the past 90 days. It infected 57 domain(s), including mirart.ru, freewebtown.com, foreignstyles.com.

Apakah situs ini merupakan situs aplikasi jahat?
Ya, setidaknya situs ini telah menghostkan aplikasi jahat lebih dari 90 hari. Telah menginfeksi 57 domain termasuk mirart.ru, freewebtown.com, foreignstyles.com

How did this happen?
In some cases, third parties can add malicious code to legitimate sites, which would cause us to show the warning message.

Bagaimana ini bisa terjadi?
Dalam beberapa kasus, aplikasi pihak ketiga dapat memasukkan kode jahat ke situs legal, yang dapat menyebabkan kita melihat pesan peringatan. – Termasuk blog Zawa ini 😉

Semoga ini dapat bermanfaat buat rekan2 blogger dan terutama yang punya blog agar berhati-hati dalam memilih web atau situs atau tempat menyimpan file secara online, menghostingkan file-filenya yang mau dishare ke teman-teman.

Buat rekan-rekan yang kebetulan tau dan biasa mampir ke blog Mas Zawa, mohon kontak ybs akan hal ini. Semoga juga ada tanggapan dengan hal ini..

Ok, Happy browsing.. 😉

Komentar Anda

komentar

One thought on “Safety Browsing – Browsing Dengan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *