Suka Menunda Pekerjaan?

Bagi siapapun apalagi pelaku bisnis independen harus bisa menata waktu, maksudnya harus memiliki Time Management yang baik. Kalau tidak, ya jangan menyesal atau mengeluh bila perjalanan bisnis menjadi agak tersendat atau terkesan kacau balau. Saya pun masih dalam taraf terus belajar untuk bisa maksimal dalam memanage waktu saya. Apalagi saya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu sebagai karyawan dan sebagai pebisnis MLM :-)

Kita harus selalu ingat bahwa waktu akan terus berlari secara teratur. Sehari 24 jam ‘kan, tidak kurang dan tidak lebih. Waktu tidak elastis :-) . Waktu adalah sumber daya buat kita. Tinggal kita bisa menghargainya atau tidak, bisa memanfaatkannya dengan baik atau terbuang sia-sia. Yang jelasssss… waktu yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi. Semakin bertambah usia kita, maka jatah waktu kita juga semakin berkurang. Untuk itu, mulailah manfaatkan waktu dengan sebaik2nya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari :-)

Kebanyakan orang suka menunda-nunda pekerjaan, lebih asyik bermain-main dulu dengan alasan refreshing hehehe… Padahal semakin sering menunda pekerjaan, maka tingkat stress akan semakin tinggi karena to-do-list akan makin bertambah. Jangan sampai yaaa… udah kerjaannya terlambat eh dikerjakan secara asal-asalan pula :-) Untuk itu lakukanlah hal-hal berikut untuk mengurangi melakukan penundaan-penundaan:

  1. Identifikasi mengapa Anda menunda
  2. Kurangi kegiatan-kegiatan penundaan Anda
  3. Jadwalkan tugas yang Anda tidak suka di awal hari !!
  4. Bagi tugas-tugas dalam tingkat prioritas yg berbeda
  5. Minta bantuan jika Anda memerlukannya
  6. Selesaikan apa yang sudah Anda mulai
  7. BERHENTILAH suka nunda-nunda!

Sekali lagi ketika dilema “penundaan/procrastination” ini melanda, selalu tanyakan kepada diri kita tentang 3 pertanyaan berikut:

1. Is it important to do ?! Hal ini mengidentifikasikan seberapa urgent pekerjaan yang sedang/akan kita hadapi.
2. Do I have to do it ?! Dimaksudkan apakah kerjaan tersebut harus dikerjakan sendiri atau bisa didelegasikan kepada orang lain.
3. Kalaupun kedua hal diatas penting dilakukan dan hanya bisa dilakukan oleh kita sendiri, maka bagaimana melakukannya dengan cara yang efektif.

Source: http://www.way2diamond.com/2012/06/suka-menunda-pekerjaan/

Komentar Anda

komentar

One thought on “Suka Menunda Pekerjaan?

  • January 15, 2013 at 9:03 am
    Permalink

    Mantapb…. Sya urang Banua jua… 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *