Tips Merawat Flashdisk

Media penyimpanan data satu ini bukan barang baru bagi kita. Kemana-mana kita biasanya juga selalu membawa flash disk ini. Namun kadang kita lupa dan mengabaikan penanganan dan perawatan yang baik sehingga kadang umur flashdisk kita gak panjang. Nah berikut tips bagaimana cara merawat flash disk agar awet dan data tetap aman di dalamnya. Semoga bermanfaat…

  1. Hindarkan dari panas langsung atau tidak langsung
    Komponen FD terdiri dari logam yang akan memuai apabila kena panas, maka hindarkan meletakkan FD dalam ruangan yg panas atau bahkan terkena sinar matahari langsung. misalnya jangan menaruhnya dalam bagasi mobil atau motor.
  2. Hindarkan dari air.
    Karena air merupakan penghantar listrik, maka alat ini pun bisa konslet apabila terkena air dan yang jelas pasti rusak.
  3. Jauhkan dari medan magnet.
    Di dalam FD terdiri dari chips atau logam kecil-kecil yang akan mudah terpengaruh dengan sumber medan magnet, oleh karena itu, hindari meletakkan FD ini dekat dengan TV, Radio Tape, Speacker Active, juga Ponsel yang menghasilkan gelombang radio dan magnet.
  4. Hindari benturan yang keras.
    Walaupun dari pihak produsen mengklaim FD produknya anti shock (benturan), tetapi menghindari benturan/jatuh merupakan langkah antisipatif yang tepat.
  5. Tutup selalu.
    Untuk melindungi dari debu dan kotoran, apabila sedang tidak digunakan, sebaiknya Anda selalu menutupnya. Debu atau kotoran dapat menyebabkan proses baca tulis sering gagal atau bahkan tidak terbaca sama sekali.
  6. Lakukan prosedur eject atau stop.
    Jangan asal mencabut FD dari PC tetapi lakukan prosedur eject atau stop terlebih dahaulu. Kalau tidak, selain bisa menyebabkan data kacau atau hilang juga bisa memperpendek umur FD atau bahkan menjadi rusak.
  7. Minimalisasi proses hapus tulis.
    Dengan meminimalisasi proses hapus tulis, dapat membuat FD lebih awet. Ingat, usia FD kira-kira 10.000 sd 100.000 proses hapus tulis.
  8. Lakukan scan virus.
    Yang tak kalah pentingnya adalah selalu scan virus, sebelum Anda membuka atau mencopy filenya ke PC. Tentunya dengan antivirus yg terupdate secara berkala. Hal ini untuk mencegah PC tertular dari FD yang mungkin terinfeksi virus.
  9. Jangan melakukan pengeditan langsung.
    Usahakan file/datanya kita copy ke PC dahulu, baru kemudian lakukan pengeditan di PC, setelah selesai, baru kemudian pindah/copykan ke FD. Pengeditan langsung di FD, menyebabkan umurnya lebih pendek.
Dirangkum dari berbagai sumber.

Komentar Anda

komentar

5 thoughts on “Tips Merawat Flashdisk

  • February 7, 2009 at 7:34 pm
    Permalink

    blognya dah bagus banget,ku mu tanya cara dapat iklan nya gimana?kirim balasan ya ke ferdy-taziex.blogspot.com

    Reply
  • September 8, 2009 at 10:42 pm
    Permalink

    ajarin bikin blog dong

    Reply
  • September 10, 2011 at 8:12 pm
    Permalink

    aku baru tahu klo edit langsung dari FD bs bikin gk awet . makasih om

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *