Usir Toyota, Berani?!

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam akan mengusir produsen mobil Jepang Toyota dari Venezuela. Sosialis yang terkenal dengan sikapnya yang berapi-api ini mengatakan ia tidak akan ragu-ragu untuk mengusir Toyota jika mereka tak mau untuk berbagi teknologi dengan industri lokal.

Demikian penggalan artikel berita dari detik.com tentang Presiden Venezuela Usir Toyota, yang saya baca barusan. Ini kembali saya kutipkan artikel lengkapnya tentang Presiden Venezuela yang berniat mengusir pabrikan toyota dari negaranya;

Presiden Venezuela Hugo Chavez mengancam akan mengusir produsen mobil Jepang Toyota dari Venezuela. Sosialis yang terkenal dengan sikapnya yang berapi-api ini mengatakan ia tidak akan ragu-ragu untuk mengusir Toyota jika mereka tak mau untuk berbagi teknologi dengan industri lokal.

Chavez baru akan menghentikan ancamannya jika Toyota mau membuat mobil all terrain model 4×4 atau model rustic yang akan digunakan untuk transportasi umum di Venezuela.

“Apa ini? Toyota tidak mau membuat model rustic di sini? Kita harus memaksa mereka (Toyota). Jika mereka tidak mau, mereka harus cabut dari Venezuela dan diganti dengan perusahaan lain,” ujar Chavez berapi-api seperti dikutip Reuters, Senin (28/12/2009).

Ancaman itu tidak hanya berlaku bagi Toyota saja, tetapi produsen mobil dari Asia atau bahkan dari AS. Chavez yang sudah berkuasa selama satu dekade ini memang sudah terkenal dengan tindakannya dalam melakukan nasionalisasi perusahaan asing, apakah itu yang bergerak di perminyakan atau bidang lainnya.

Kini dia beralih ke Toyota. Chavez murka dengan Toyota ketika mendapati di daerah miskin tidak tersedia mobil yang dimaksud.

Chavez memerintahkan Menteri Perdagangan Eduardo Saman untuk melaksanakan sebuah inspeksi di Toyota, dan memperingatkan perusahaan-perusahaan lain, mereka harus mulai berbagi teknologi dengan Venezuela.

“Anda memberitahu orang-orang di Toyota bahwa mereka harus menghasilkan model ini dan kita akan menerapkan kuota, dan jika mereka tidak bertemu, kami akan menghukum mereka,” katanya kepada Saman, sambil menambahkan bahwa negara tidak akan ragu untuk Toyota mengambil alih fasilitas dan membayar kompensasi yang sesuai.

Toyota Minta Bantuan Pemerintah Jepang

Setelah pidato Chavez itu muncul, Toyota telah meminta bantuan pemerintah Jepang untuk mengonfirmasi maksud Chavez. Seperti diutarakan juru bicara Toyota Yuta Kaga di Tokyo, Toyota mengaku belum pernah dihubungi Chavez soal isu ini.

Juru bicara Toyota unit Venezuela, yang mengoperasikan sebuah pabrik perakitan di Sucre, tidak tersedia untuk komentar pada hari Kamis. Tapi sebuah sumber di perusahaan mengatakan bahwa Toyota telah berhenti merakit mobil yang dimaksud Chavez yakni Land Cruiser 70 pada tahun 2007, namun penghentian produksi itu sudah diketahui oleh pemerintah Chavez.

Kalau di negeri kita ini 5 tahun yang lalu, 10 tahun, atau bahkan 20 tahun yang lalu ada pemimpin kita yang mempunyai visi jelas dan tindakan yang tegas seperti Presiden Venezuela ini, saya kira negara dan masyarakat kita akan maju dan mampu bersaing dengan negara berkembang lainnya.

Industri kita, telekomunikasi, pendidikan, dan kesehatan masyarakat kita akan lebih maju dan mampu untuk mensejahterakan masayarat. Tapi apa latah, negeri kita ini dipenuhi dengan pemimpin yang korup, yang hanya mementingkan golongannya, penuh retorika tanpa ada tindakan yang nyata untuk rakyatnya.

Semoga ini bisa menggugah kita semua, entah pemimpin kita…………………..

Komentar Anda

komentar

2 thoughts on “Usir Toyota, Berani?!

  • October 4, 2013 at 9:14 pm
    Permalink

    kalo di neegara kita ya ga berani, pemasukan cukup besar dan lapangan pekerjaannya banyak banget tuh perusahaan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *