Waspada, YLKI Buktikan Air Minum Kemasan di Pasaran Bermasalah

Yang bermerk aja bermasalah, sebut saja “Club” dan “Vit” apalagi yang antah berantah yang saat ini banyak bertebaran di daerah kita, yang 1 galon harganya hanya 8rb atau 10rb saja.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), merilis nama-nama merek air minum dalam kemasan yang bermasalah.

Dari hasil pengujian terhadap 21 merek air minum dalam kemasan (AMDK) gelas yang beredar di pasaran, 11 merek di antaranya terbukti bermasalah. Dari 11 produk tersebut, sembilan produk mengandung koloni bakteri mendekati ambang batas yang telah ditentukan, yaitu 100.000 mikro bakteri per mililiter. Sementara dua produk lainnya memiliki bakteri di atas ambang batas.

Dua produk AMDK gelas yang melebihi ambang batas adalah merek Sega, yang diproduksi PT Indotirta Jaya Abadi, dan AMDK bermerek Ron 88, yang diproduksi PT Panfila Indosari.

Sementara sembilan produk air minum kemasan yang dinyatakan mendekati ambang batas adalah:

1. Prestige (PT Tanahmas Tirta Lestari, Jabar) 2. Top Qua (PT Sumber Warih Sejahtera, Depok) 3. Airmax (PT Jitu, Tangerang) 4. Caspian (PT Cisalada Jaya Tirtamarta Indonesia, Sukabumi) 5. Club (PT Tirta Tama Bahagia, Bogor) 6. Pasti Air (PT Tang Mas Indonesia untuk PT Sumber Alfaria Tridjaya) 7. Vit (PT Sumber Sukses Sentosa, Bogor untuk PT Tirta Investasi, Jakarta) 8. Prim-A (PT Sinar Sosro Indonesia) 9. De As (PT Ravindo Rezeki, Bogor)

Catatan: Air minum yang diteliti YLKI adalah air minum kemasan dalam gelas.

Sebanyak 11 dari 21 merek air minum dalam kemasan (AMDK) gelas yang beredar di pasaran terbukti bermasalah. Ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) terhadap air minum kemasan gelas yang beredar di masyarakat.

Deputy Keamanan Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga menjelaskan, dalam 11 AMDK yang bermasalah tersebut terkandung koloni bakteri dengan jumlah yang menimbulkan risiko kesehatan.

“Batasnya itu 100.000 mikrobakteri dalam tiap liternya, kalau melebihi itu jelas bisa mengganggu kesehatan,” ujarnya saat pemaparan hasil penelitian YLKI di kantor YLKI, Kalibata, Jakarta Selatan.

Dari 11 produk bermasalah tersebut, sembilan produk memiliki koloni bakteri mendekati ambang batas yang telah ditentukan, yaitu 100.000 mikro bakteri per mililiter. Sedangkan dua produk lainnya memiliki bakteri di atas ambang batas.

Dua produk tersebut adalah AMDK dengan merek Sega, yang diproduksi PT Indotirta Jaya Abadi, dan AMDK bermerek Ron 88, yang diproduksi PT Panfila Indosari.

Roy menambahkan, air yang bermasalah tersebut akan lebih berisiko jika dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. “Terutama bagi mereka yang imuno compromize, atau yang memiliki masalah kesehatan, sehingga sistem imunitas tubuhnya menjadi lemah,” tutur Roy

Dari hasil temuan ini, YLKI mengirimkan surat pemberitahuan kepada 11 perusahaan yang memiliki produk bermasalah. Namun, yang memberikan klarifikasi kepada YLKI hanya sembilan perusahaan.

“Saya tidak tahu kenapa mereka tidak menanggapi ini. Padahal, hal ini kan membahayakan konsumen,” ujar Sudaryatmo, Ketua Harian YLKI.

Roy mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati dalam membeli AMDK, terutama AMDK dalam kemasan gelas. “Saran saya, kalau saat diminum air itu ada aroma sesuatu jangan diminum. Kalau warnanya keruh juga jangan diminum,” ujarnya.

==================================

Sumber: http://www.suaramedia.com/gaya-hidup/kesehatan/31529-waspada-ylki-buktikan-air-minum-kemasan-di-pasaran-bermasalah.html

Komentar Anda

komentar

7 thoughts on “Waspada, YLKI Buktikan Air Minum Kemasan di Pasaran Bermasalah

  • November 2, 2010 at 10:08 am
    Permalink

    waduh… kok jadi berbahaya kaya’ gitu… padahal produk-produk tersebut banyak beredar di masyarakat dan masyarakat tidak menyadari hal tersebut. Perlu diberikan sosialisasi. Dan diberi peringatan pada perusahaan tersebut dan bila tidak mengindahkan perlu dilaporkan ke pihak berwajib tuh karena membahayakan.

    Reply
  • November 13, 2010 at 8:09 pm
    Permalink

    Untuknya ane ada hipertensi.. Kata dokter, ane ga boleh makan ato minum dari kemasan.. amannya air putih dimasak sendiri gan

    Reply
  • February 2, 2011 at 3:08 pm
    Permalink

    Hello! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing a few months of hard work due to no backup. Do you have any methods to stop hackers?

    Reply
  • May 28, 2011 at 12:52 pm
    Permalink

    Baru dua hari yang lalu saya beli 1 karton Aquaria gelas. tercantum expired-nya 100213. Ada beberapa gelas terlihat dengan jelas sesuatu benda yang melayang….
    Ingin komplain entah kemana…? Saya hanya ingin sebagai konsumen tidak dirugikan, apalagi menyangkut kesehatan……..
    Barang bukti masih ada…..
    Andai ada pertanggung-jawaban silahkan konfirm.
    Saya berseda…………..

    Reply
  • August 8, 2011 at 9:52 pm
    Permalink

    hotel hospitality jobs in malaysia job vacancy job search jobsearch.jobstreet malaysia hotelhospitalityjobs

    Reply
  • January 2, 2017 at 5:55 pm
    Permalink

    Kpd ketua YLKI, dengan hormat mohon kekecewaan saya ini di tanggapi dan ditindak tegas pada persh penerbangan sriwijaya air lines…
    kejadian terjadi pada tanggal 01 januari 2017, dimana keberangkatan saya di cancel oleh pihak sriwijaya air lines….

    Sekilas kejadiannya:
    ‪Maaf saya penumpang sri wijaya air saya kecewa dgn maskapi ini, sy datang ke bandara check in namun tdk dikasih pas boarding sementara keberangkatan sisa waktu 17 mnt saya tidak membawa bagasi hanya koper kecil … keberangkatan pesawat jam 7:45 saya tiba di loket checkin jam 7:27 …
    namun loket check in tidak memberikan pas boarding dan mengatakan sdh tutup check in, disuruh menuju CS sriwijaya, sampai di CS saya di beri selembar kertas dan di suruh ke loket kembali namun loket, namun pihak loker ttp tdk memberikan pas boarding check in saya, 5 ‘nt saya berdebat dengan pihak sriwijaya hingga pesawat lepas llandas akhirnya tiket saya di hanguskan tanpa ada pergantian keberangkatan atau uang kembali….

    Mohon prilaku ketidak manusiaan ini di tindak lanjuti ke pihak maskapai sriwijaya air lines…

    Saya sucipto wang menyampaikan salam terima jasih dan selamat tahun baru 2017.

    Saya lampirkan no hp 082245077778

    Sakam
    Sucipto wang

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *