Yahoo Messenger Riwayatmu Kini

Kalau masih ingat dulu diajaki ngobrol dengan kalimat pendek “YM-an dong”, berarti Anda seumuran dengan saya 😉

 Ya YM atau Y!M atau Yahoo Messenger ini adalah aplikasi chatting populer di jamannya (90an sampai 2000an). Waktu itu di awal-awal internet, hanya ada fasilitas chatting sesama pengguna komputer yang saling online yaitu mIRC dan Y!M. mIRC yang saya kutip dari wikipedia menyebutkan mIRC merupakan perangkat lunak berbayar untuk Internet Relay Chat atau percakapan daring yang beroperasi di sistem operasi Windows. mIRC diciptakan tahun 1995 oleh Khaled Mardam-Bey, berguna untuk berbincang (chatting) antar sesama pengguna mIRC di seluruh dunia. Perangkat lunak ini memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, terbukti setelah perangkat lunak ini diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Nielsen-Net memasukan mIRC ini ke dalam daftar “10 aplikasi internet terbaik” tahun 2003.

Y!M sendiri merupakan aplikasi chatting yang dikembangkan oleh Yahoo. Inc di tahun 1994 dan juga menjadi populer di jamannya. Sampai saat ini pun YM ini masih tetap eksis walau penggunanya mungkin jauh berkurang pada saat ini. Saat ini mungkin kita lebih kenal dan akrab dengan Skype, Facebook Messenger, WhatsApp, ataupun Line. Boleh dibilang YM saat ini sudah jadi mbahnya Chatting ya suumuran sama mbah Google hehe..

Walaupun sudah banyak ditinggalkan peminatnya, namun masih ada saja saya kira pengguna setianya. Termasuk saya tentunya 😉 Masih ingat awalnya waktu itu di tahun 1999 chatting sampai berlama-lamaan di warnet. Bahkan sampai pake webCam, chatting tatap muka yang parno.hehe.. Walau memang saat itu belum ada alternatif media chatting seperti saat ini, teman saya di YM sampai lebih dari seribuan, namun saat ini setelah hampir 16 tahun berlalu, mungkin tidak sampai 500an orang yang masih ada dan yang aktif pun mungkin nggak sampai 100an orang.

Saat ini saya masih menggunakannya untuk media server pulsa yang saya jalankan dan kadang untuk secara pintas mengetahui ayat dalam surah Al-Qur’an yang ingin baca. Hanya sebatas itu, dan selebihnya menggunakan aplikasi chatting yang lagi pupoler saat ini.

Namun demikian, ternyata tanpa promosi macam-macam, Yahoo.Inc yang memiliki Y!M ini beberapa hari lalu sudah mengupdate aplikasi ini. Update ini benar-benar baru, mulai dari tampilan dan fungsinya. Sudah persis dengan aplikasi chatting yang saat ini ada, dan saya kira lebih ringan dan bersahabat dengan memory Hp kita.

Buat kawan-kawan yang ingn mencoba aplikasi chatting YM ini atau sekedar bernostalgia, login dengan akun email yahoo kawan-kawan. Siapa tau ya kita ternyata berteman sejak dulu 😉 Silahkan unduh melalui link ini atau buka di Google Play Store kawan-kawan yang pake Hp android atau di App Stone buat yang pake Iphone. Akhirnya semoga bisa bersaing kembali dengan aplikasi chatting saat ini ya. oh iya, kalau mau chat dengan saya silahkan add username: agaitaruna saja ya 😉 atau klik status YM saya ini;

Komentar Anda

komentar